ruam popok

Beberapa Penyebab Terjadinya Ruam Popok Pada Bayi

Tahukah Anda, ruam popok yang terjadi pada kulit bayi bisa disebabkan oleh berbagai hal, lho! Gangguan ini sendiri merupakan peradangan pada kulit di area yang tertutup oleh popok. Kondisi tersebut bisa terjadi diakibatkan dari reaksi kulit setelah terus-menerus bersentuhan dengan urine maupun feses. 

Biasanya gejala yang bisa terlihat yaitu munculnya kemerahan pada kulit si Kecil yang tentu membuatnya tidak nyaman bahkan rewel.

Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan ruam popok pada bayi, di antaranya yaitu:

  1. Penggunaan popok kotor terlalu lama

Penggunaan popok yang sudah terisi cairan urine maupun feses dalam waktu lama dapat memperbesar resiko ruam popok, lho! Mengingat hal tersebut, Anda sebagai orang tua sebaiknya segera mengganti popok si Kecil setelah ia buang air kecil atau buang air besar.

  1. Penggunaan popok terlalu ketat

Selain popok kotor, penggunaan popok yang terlalu ketat juga bisa meningkatkan resiko terjadinya ruam pada kulit bayi. Pasalnya, popok terlalu yang terlalu ketat akan bergesekan dengan kulit si Kecil dan memicu ruam atau lecet pada kulitnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan popok yang sesuai dengan lingkar pinggang atau ukuran tubuh si Kecil, ya!

  1. Infeksi bakteri dan jamur

Bagi bayi yang masih intens menggunakan popok, kondisi kulit si Kecil cenderung lebih lembab dan hangat. Hal tersebut juga dapat membuat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab ruam kulit pada bayi semakin meningkat.

  1. Pengaruh jenis makanan 

Ketika si Kecil mengkonsumsi jenis makanan baru atau makanan pendamping ASI (MPASI), maka struktur fesesnya pun bisa berubah. Perubahan inilah yang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya ruam. Oleh karena itu, jika si Kecil sudah dikenalkan dengan berbagai jenis makanan baru, maka Anda juga harus lebih ekstra memperhatikan penggunaan popoknya.

Nah itulah dia berbagai hal yang bisa menyebabkan terjadinya ruam popok pada kulit bayi. Untuk mencegahnya, Anda bisa memberikan popok MAKUKU Diapers Slim pada si Kecil.

Mengapa MAKUKU? Pasalnya popok ini memiliki sangat tipis dan lembut sehingga nyaman saat digunakan. Tak hanya itu, MAKUKU juga memiliki daya serap yang sangat tinggi sehingga mampu menjaga kelembaban kulit si Kecil sehingga dapat mengurangi terjadinya ruam. 


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *