Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
liontin berlian

Tipe – Tipe Cutting Liontin Berlian

Siapa yang tidak tahu, bahwasannya berlian merupakan batu mulia yang banyak digemari karena keelokannya. Berlian ternyata juga memiliki makna “abadi” atau “selamanya”. Maka dari itu, tak heran bahwasannya setiap pasangan akan memberi hadiah berupa perhiasan berlian untuk orang terkasihnya. Salah satu perhiasan berlian yang banyak digemari yaitu liontin berlian

Nah, perlu kamu ketahui bahwasannya berlian memiliki makna pada tiap tipe potongannya, lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Tipe-tipe cutting berlian 

liontin berlian
liontin berlian

Jenis heart (hati)

Hati merupakan salah satu simbol cinta yang paling umum. Potongan berlian berbentuk hati biasanya hadir dalam cincin atau liontin berlian asli pada kalung. Sisi yang simetris juga menjadi salah satu prioritas utama saat memilih berlian berbentuk hati. siluet dari bentuk ini juga cukup bervariasi, mulai dari agak bulat hingga ramping. 

Jenis round (bulat)

Bentuk ini merupakan salah satu jenis cutting yang paling populer. Cincin dengan potongan berlian jenis ini telah mendominasi hingga 75% dari jenis berlian di pasaran. bentuk potongan yang bulat kerap dianggap paling ideal untuk bisa memantulkan sinar dibandingkan jenis potongan yang lainnya. Jenis potongan ini juga memiliki kilau yang paling elok. 

Jenis princess (piramida)

Potongan jenis ini pertama kali hadir pada tahun 1980. Pada saat itu potongan berlian ini hadir dengan bentuk menyerupai piramida empat sisi. Tipe cutting ini merupakan pilihan yang paling populer untuk dijadikan cincin pertunangan. Hampir sama dengan jenis cincin round, potongan princess atau piramida ini juga cocok ditempatkan pada perhiasan apapun. 

Jenis oval

Potongan berlian oval memiliki bentuk lonjong dan bundar dengan modifikasi yang tidak banyak berbeda dengan model round. Dengan bentuk yang sedikit memanjang, berlian oval terlihat lebih besar, unik, dan ramping. Jenis ini cocok digunakan untuk cincin pernikahan. 

Jenis marquise

Bentuk potongan ini menyerupai bentuk bola rugby yang panjang, ramping, dan lancip di ujungnya. Jenis cut ini dipelopori oleh Marquise Pompadour yang mendesai bentuk ini dengan menyerupai mulut Raja Louis XIV Perancis. Jika disematkan pada jari, akan muncul kesan panjang, ramping dan cantik. 

Jenis pear (pir)

Bentuk potongan berlian ini merupakan kombinasi dari cut round dan marquise. Salah satu ujung dari cut pear adalah lancip, dan yang lainnya bulat. Biasanya, ujung lancip yang dikenakan mengarah ke dalam. 

Jenis cushion

Potongan cushion yaitu berbentuk persegi dan dikelilingi oleh berlian berbentuk bulat kecil-kecil. potongan berlian klasik ini sudah ada sejak hampir 200 tahun yang lalu. Potongan berlian jenis ini juga tak kalah populer dengan cut round. Bahkan  jenis cut ini menjadi acuan universal jika berbicara soal berlian. 

Jenis emerald

Potongan berlian jenis ini memiliki bentuk persegi panjang dengan efek cermin yang memukau. Strukturnya yang panjang dan berbeda ini membuatnya cukup langka. Namun, karena permintaan jenis cut ini tidak tinggi, maka harganya pun bisa lebih rendah 15 hingga 25% dibandingkan dua potongan berlian populer, round dan cushion. 

Jenis asscher

Jenis potongan berlian ini didesain oleh Asscher Brother dari Belanda pada tahun 1902. Potongan ini terinspirasi dari cut emerald, namun dimodifikasi dalam bentuk persegi yang lebih sempit dan tinggi. Kombinasi dari cut ini menghasilkan kilau efek cermin yang cantik. Seringkali potongan jenis ini muncul di perhiasan model vintage, namun mulai menjadi favorit pada awal tahun 2000. 

Nah, itulah jenis potongan serta bentuk berlian yang perlu kamu ketahui. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *