Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat

Pentingnya Bermain di Luar Ruangan untuk Kehidupan Anak Lebih Bahagia

Dunia anak menjadi dunia yang sangat menyenangkan. Anak bahagia bukan hanya karena materi dan juga karena bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Akan tetapi setiap anak yang bahagia juga memiliki banyak hal menarik dalam hidupnya.

Tanda anak bahagia

Anak yang bahagia cenderung memiliki ciri-ciri yang spesial, mulai dari sifatnya yang selalu cerah, selalu tersenyum dan tertawa, tidak mudah takut dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk membantu anak-anak untuk hidup dengan lebih bahagia, salah satu hal yang bisa Moms lakukan adalah dengan mengajaknya bermain di luar ruangan.

Apa hubungan bermain di luar ruangan dengan anak yang lebih bahagia? Dalam penelitian telah ditemukan bahwa anak yang sering bermain di luar ruangan akan lebih bahagia, lebih cerdas dan lebih percaya diri. Hal ini disebabkan karena :

·   Bermain di luar membangun kreativitas dan imajinasi

Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi anak dibandingkan berimajinasi dan juga berkreasi sesuai dengan apa yang diinginkannya. Lahan permainan di luar ruangan yang tidak berstruktur membuat anak berinteraksi dengan lebih efektif dengan lingkungannya.

Mereka bisa bermain lebih bebas, membangun aktivitas mereka dan juga menggunakan ragam pendekatan dalam permainan mereka.

·   Mengajarkan tanggung jawab

Anak bahagia adalah anak yang memiliki tanggung jawab penuh pada hidupnya. Hal ini harus diajarkan sejak dini agar anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya.

Pentingnya Bermain di Luar Ruangan untuk Kehidupan Anak Lebih Bahagia

Dengan membiarkan dan mempercayai anak untuk bermain di luar ruangan, hal ini akan membantu anak untuk lebih mengenal alam dan sistem kehidupannya. Misalnya mereka akan belajar mengenai apa yang terjadi jika mereka menyiram tanaman atau mencabut tanaman dari akarnya.

·   Memberikan stimulasi yang bervariasi

Mungkin Moms berpikir bahwa permainan anak di lapangan dan di luar ruangan memiliki stimulasi yang lebih rendah dibandingkan dengan membiarkan anak bermain video games.

Akan tetapi kenyataannya, bermain di luar ruangan akan mengaktifkan lebih banyak indranya.

Dengan bermain di luar ruangan, anak akan melihat, mendengar, mencium, menyentuh lingkungan di sekitar mereka sehingga bisa belajar lebih banyak dan memiliki pengalaman yang lebih besar. Inilah yang membuat anak bahagia karena pengalaman yang lebih bervariasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *