Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat

Pahami Parameter Perkembangan Anak Melalui Grafik Pertumbuhan

Pertumbuhan fisik anak merupakan tanda kesehatan dan perkembangan mereka secara keseluruhan. Parameter perkembangan anak biasanya mengikuti pola yang khas dari waktu ke waktu, tetapi pola ini dipengaruhi oleh dan lingkungan mereka sendiri.

Apa itu Grafik Pertumbuhan Anak?

Para profesional kesehatan menggunakan grafik pertumbuhan untuk melacak pertumbuhan dan perkembangan anak Anda di tahun-tahun awal. Grafik pertumbuhan membantu menunjukkan apakah anak Anda tumbuh dengan cara yang sehat. Grafik pertumbuhan adalah grafik yang  menunjukkan perubahan panjang atau tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala anak Anda dari waktu ke waktu. Profesional kesehatan Anda mengukur hal-hal ini secara teratur dan menandai pengukuran pada grafik.

Ada grafik pertumbuhan yang berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan, untuk anak yang lebih muda dan anak yang lebih besar, dan untuk kondisi tertentu seperti down sindrom. Catatan kesehatan anak pribadi anak Anda mungkin memiliki grafik pertumbuhan di dalamnya. Klinik kesehatan anak atau dokter umum setempat Anda juga akan menyimpan grafik pertumbuhan untuk anak Anda.

Memahami Grafik Pertumbuhan Anak

Grafik pertumbuhan memiliki banyak garis di atasnya. Garis-garis ini menunjukkan kisaran pertumbuhan anak yang khas pada usia yang berbeda. Parameter perkembangan anak dan pertumbuhannya pada umumnya mengikuti salah satu dari garis-garis ini. Itu tidak harus mengikuti kurva pertumbuhan dengan tepat.

Sebagian besar panjang, berat, dan kepala anak-anak berada di antara kurva atas dan bawah pada grafik. Separuh dari semua anak tumbuh pada tingkat di atas tengah kisaran tipikal, dan setengahnya tumbuh pada tingkat di bawah kisaran ini.

Terkadang pengukuran anak-anak mulai mengikuti kurva pertumbuhan yang berbeda dari yang mereka mulai. Jika ini terjadi pada anak Anda, profesional perawatan kesehatan Anda akan memantau dengan cermat parameter perkembangan anak Anda selama beberapa pertemuan berikutnya. Pertumbuhan anak Anda mungkin kembali ke jalurnya dengan sendirinya, atau ahli kesehatan Anda mungkin menyarankan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu.

Bagaimana Pertumbuhan Anak Diukur?

Panjang diukur saat bayi Anda berbaring. Untuk anak diatas dua tahun, tinggi badan diukur saat mereka berdiri. Untuk anak di bawah dua tahun,  berat badan diukur tanpa pakaian pada timbangan bayi khusus. Setelah dua tahun, berat badan diukur dengan pakaian “ringan” menggunakan timbangan biasa.

Lingkar kepala biasanya diukur dengan meletakkan pita pengukur di sekitar kepala bayi Anda. Kepala bayi tumbuh dengan cepat di tahun pertama, yang memudahkan untuk memeriksa apakah mereka tumbuh dengan cara yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *