Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
tumbuh kembang

Mengenal Lebih Jauh Tahap Tumbuh Kembang Anak

Sebagai orang tua yang dapat menyaksikan perkembangan anak dari waktu ke waktu akan jadi momen yang tak terlupakan. Fase tumbuh kembang anak, idealnya adalah sesuai dengan pertambahan usianya. Memperhatikan dengan detail setiap perkembangan akan membuat orang tua cepat menyadari jika terjadi suatu hal yang tidak sesuai.

Perkembangan anak sebaiknya tidak dilihat dari fisiknya semata. Terdapat perkembangan lain yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan yaitu segi motorik halus dan kasarnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang tahapan perkembangannya, bisa disimak di bawah ini;

1. Usia 0-1 Tahun

Pada saat bayi berusia 0-1 tahun, biasanya perkembangannya cenderung akan cepat. Pada saat masuk bulan tertentu, orang tua akan sering dibuat takjub dengan berbagai perkembangannya yang cepat, utamanya tumbuh kembang motoriknya. Tidak terlihat jelas adalah perkembangan kognitif dan psikologisnya. Untuk mengoptimalkan perkembangannya, orang tua bisa membantu dengan asupan nutrisi yang cukup dan berikan rangsangan.

tumbuh kembang
tumbuh kembang

2. Usia 1-3 Tahun

Masuk usia 1 tahun ke atas, perkembangan sisi motoriknya akan tumbuh semakin pesat. Sisi psikologi yang mencakup emosi pun perlahan akan nampak. Misalnya anak sudah bisa mengekspresikan rasa marah, sedih dan senang. Pada masa ini kosakata yang dipelajari anak juga semakin banyak. Momen meniru masih sering dilakukan anak-anak. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua berhati-hati ketika bersikap atau bicara.

Pada masa ini, orang tua juga sudah bisa melatih kemandirian anak. Terlebih jika anaknya aktif. Bisa diajari untk toilet training serta memanfaatkan momen untuk mengajari mana yang baik dan mana yang buruk. Orang tua pun bisa mengenalkan anak-anak pada dunia yang lebih luas.

3. Usia 3-5 Tahun

Pada usia ini sisi motoriknya telah berjalan semakin stabil. Anak-anak pun semakin bisa menunjukkan gejala tantrum, sebagai bentuk sikap emosionalnya yang berlebihan karena menginginkan sesuatu yang tidak tercapai. Pada masa ini orang tua sudah bisa bersikap tegas dengan tidak memenuhi semua keinginannya, karena usia ini anak-anak akan mulai bisa berpura-pura.

Itulah beberapa tahapan tumbuh kembang anak-anak yang wajib dikenali orang tua. Mengenal lebih jauh tentang tahapannya, akan memudahkan bagi orang tua untuk merangsang perkembangannya. Serta memberikan edukasi yang sesuai dengan umurnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *