Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
vendor kontraktor

Jangan Asal Pilih Vendor Kontraktor dan Perhatikan tips Berikut Ini

Saat akan membangun rumah tentu kita tidak bisa membangunnya sendirian saja, tapi butuh jasa orang lain seperti kontraktor misalnya. Jasa mereka sangat kita butuhkan untuk menyelesaikan proyek pembangunan tempat tinggal impian kita. Maka dari itu kita juga harus cerdas dalam memilih vendor kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita dalam pembangunan sebuah proyek.

Pada dasarnya jasa yang ditawarkan oleh kontraktor itu berupa konsultasi konstruksi, mulai dari pengkajian, perencanaan, perancangan, pengawasan, dan juga manajemen penyelenggaraan kontruksi bangunan.

Jadi, kontraktor merupakan bagian penting dalam pembangunan sebuah proyek atau dapat dikatakan apabila kamu menyewa kontraktor maka kamu dapat lebih mudah dalam melakukan pembangunan. Maka dari itu kamu harus pintar-pintar dalam memilih kontraktor yang kompeten dan potensial. Jadi, sebelum bekerjasama dengan vendor kontraktor akan ada baiknya jika kamu perhatikan tips berikut ini.

  • Memilih kontraktor yang berpengalaman

Sebelum memilih kontraktor akan lebih jika kamu meminta untuk direkomendasikan terlebih dahulu baik dari keluarga, tetangga, atau pun teman kolega. Hal ini pun dimaksudkan agar selama pembangunan proyek ini berlangsung dapat menimalisir kerugian dari kesalahan jika memilih kontraktor yang kurang berpengalaman.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kontraktor sendiri dengan cara menanyakannya secara langsung bagaimana kinerjanya selama pembangunan dan juga pengalaman kerjanya. Pada umumnya, semakin banyak pengalaman maka semakin terampil pula.

vendor kontraktor
vendor kontraktor
  • Selalu menjaga komunikasi

Untuk yang satu ini sepertinya masih ada sebagian orang yang menyepelekan hal ini. Padahal dengan menjaga komunikasi antara yang mempekerjakan dan yang dipekerjakan sangatlah berpengaruh dengan kinerja orang yang dipekerjakan. Dengan rutin berkomunikasi dengan kontraktor merupakan salah satu cara agar proyek yang sedang dibangun bisa berjalan dengan lancar dan berhasil sesuai apa yang diinginkan.

Kemudian kamu juga harus memperhatikan kehadiran dari kontraktor yang kamu pekerjakan. Jangan sampai salah paham sehingga menyebabkan kesalahan pada konstruksi bangunan yang bisa mengakibatkan kerugian.

  • Memiliki pemikiran yang terbuka

Pada dasarnya kontraktor akan mengerjakan apapun yang akan diarahkan oleh si pemilik proyek. Namun, tidak jarang pula kontraktor juga memberikan pendapatnya kepada si pemilik proyek seperti hal yang berkaitan dengan material, perbaikan pada bagian bangunan yang rusak, dsb. Sesuai dengan tugas dan fungsi dari kontraktor itu sendiri yaitu melakukan pengkajian, perancangan, dan juga perencanaan sebuah konstruksi bangunan yang akan dibangunnya.

Berbagai ide yang disalurkan pun berdasarkan pengalaman dari pembangunan sebelum-sebelumnya. Jadi, apabila kontraktor memberikan suatu pendapat tidak ada salahnya juga menerimanya.

  • Rekam jejak kontraktor

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah rekam jejak dari kontraktor tersebut. Bahkan akan lebih baik lagi sebelum mempekerjakan kontraktor kamu meminta referensi terlebih dahulu kepada yang lebih berpengalaman sehingga dapat meminimalisir kerugian material ataupun non-material.

  • Waktu yang dibutuhkan untuk pembangunan

Dan yang terakhir adalah kamu juga harus bisa memastikan waktu pembangunan proyek rumah ini akan selesai. Jadi, sebelum bekerjasama dengan kontraktor kamu harus memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pembangunan rumah ini.

Baru setelah itu kamu bisa tetapkan tenggat waktu pembangunannya serta alasannya sehingga kontraktor juga bisa menerimanya dengan baik. Jangan sampai lupa juga untuk meminta keterangan detail mengenai perhitungan belanja dan segala macam yang berkaitan dengan pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *