Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
Cara Riset Keyword

Cara Riset Keyword Yang Tepat

Cara Riset Keyword – Sebelum Anda melakukan optimalisasi, terlebih dahulu Anda harus menentukan keyword yang ingin digunakan untuk menjaring pengunjung dari search engine. Pemilihan keyword yang ini sangat penting karena meski website Anda yang nantinya bisa masuk urutan 1 sampai dengan 20, namun jika keyword yang dibidik tidak sesuai dengan isi dari website, maka mustahil Anda dapat meningkatkan penjualan.

Oleh karenanya Anda harus memilih keyword yang tepat agar hasil yang Anda peroleh dapat optimal dalam mensukseskan promosi situs web Anda di search engine.

1. Menentukan Keyword yang Tepat

Cara Riset Keyword
Cara Riset Keyword

Ada 2 jenis keyword yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat menentukan pilihan keyword mana yang sesai dengaan situs web Anda, yaitu Keyword Targetted dan Keyword Umum.

Apa itu keyword Targetted ? Adalah, keyword khusus yang spesifik dengan isi dari website Anda. Contoh, Anda berjualan bunga dengan jasa layanan rangkaian bunga, maka Anda bisa menggunakan keyword seperti Jual Bunga Eceran, Jual Bunga Papan, Jual Rangkaian Bunga, dan lain sebagainya. Kemudian, Anda perlu menentukan target pasar Anda siapa atau ada dimana. Misalnya, target pasar Anda hanya di kota Jakarta ata Bandung atau Surabaya, maaka pastikan Anda menyisipkan nama kota tersebut. Contoh penggunaan keyword spesifik untuk kasus diatas : Jual Bunga murah Jakarta, Rangkaian Bunga Jakarta, Bunga Papan Murah Bandung, Bunga Murah Surabaya, dan lain sebagainya. Bisa juga, Anda memvariasikan dengan kata-kata murah, lebih berkualitas, terpercaya di salah satu rangkaian keyword yang Anda gunakan tersebut untuk memberikan kesan spesifik. Sehingga, search engine dapat menempatkan pada posisi yang bagus ketika ada user mencari lewat search engine.

Keyword targetted ini penting untuk menyeleksi pengunjung yang memang benar-benar membutuhkan jasa layanan Anda, namun lihat juga kebutuhan Anda. Jadi tidak ada patokan harus menggunakan keyword spesifik 100&, Anda bisa memvariasikan dengan keyword umum.

Contoh penggunaan keyword umum dan keyword targetted : Jual Gelas, Jual Gelas Murah, Jual Gelas Di Jakarta, Jual Gelas Cantik Murah.

Sementara, Keyword umum adalah keyword yang mengandung pengertian umum. Contoh, Web Design, Hosting, Domain, Beli Domain, Beli Hosting, Beli Rumah, Bunga, Jual Bunga, Cari Bunga, dan lain sebagainya. Anda harus jeli memilih keyword mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dan, jika perlu Anda dapat membuat variasi-variasi sehingga optimalisasi yang sedang Anda bangun dapat benar-benar mendatangkan hasil yang optimal untuk website Anda.

Gunakanlah keyword targetted karena itu lebih menguntungkan, dan jika Anda ingin memvariasikannya dengan keyword umum usahakan tambahkan kata-kata murah pada keyword umum tersebut. Hal ini dapat membantu penempatan posisi website Anda di search engine. Contoh penggunaannya : Web Design Murah, Design Web, Web Design Jakarta. Atau, Jual Buku Murah, Toko Buku Online Medan, Buku Bagus. Bisa juga, Hosting Murah, Hosting Linux Murah, Hosting Windows Murah, Hosting Dan Domain Murah.

Langkah selanjutnya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu, dengan searching keyword-keyword tesebut di Google. Riset ini dipelukan untuk melihat siapa saja kompetitor Anda yang sudah medapatkan urutan bagus di Google. Perhatikan apakah daftar dari hasil pencarian tersebut, semuanya (dalaam urutan 1 hingga 20) adalah merupakan website atau posting-an iklan atau posting-an dari sebuah forum. Jika lebih banyak jumlah posting-an iklan atau posting-an di sebuah forum maka kesempatan untuk masuk pada urutan bagus dengan menggunakan keyword tersebut lebih terbuka jika dibandingkan yang lebih banyak website-nya.

Anda harus melakukan riset tersebut dengan menggunakan banyak variasi keyword sehingga Anda dapat memiliki gambaran dan dapat menentukaan keyword mana yang tepat untuk website Anda tersebut. Anda harus menentukan tiga keyword utama yang ingin Anda gunakan untuk menjaring pengunjung ke website Anda. Contoh: Web Design Murah, Bikin Situs Web Murah, Design Website Murah. Langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas urutan ketiga keyword tersebut.

2. Menentukan Prioritas Keyword

Cara Riset Keyword
Cara Riset Keyword

Setelah mengetahui gambaran tiga keyword utama apa saja yang ingin Anda gunakan, kemudian adalah menentukan prioritas keyword tersebut. Anda harus dapat menentukan keyword mana yang lebih penting atau keyword mana yang lebih utama. Misal, Anda bergerak dibidang pembuatan web design, Anda sudah memiliki tiga buah keyword yaitu Web Design Murah, Bikin Situs Web Murah, Design Website Murah.

Tugas Anda selanjutnya adalah membuat prioritas keyword mana yang ingin didahulukan. Misalnya kita akan memilih berdasarkan prioritas keyword: Web Design Murah, Design Website Murah, dan terakhir Bikin Situs Web Murah. Karena asumsi kita keyword ”Web Design Murah” akan lebih banyak dicari dibandingkan dua keyword lainnya

3. Kenapa Hanya Tiga Keyword ?

Cara Riset Keyword
Cara Riset Keyword

Tiga keyword ini adalah keyword utama yang diharapkan. Ketiga keyword tersebut dapat masuk semuanya ke dalam urutan 1 sampai dengan 20 hasil pencarian. Jika nanti ketiga-tiganya sudah dapat menduduki posisi teratas, maka Anda dapat menambahkan dengan keyword yang baru sesuai dengan kebutuhan situs web Anda tersebut.

Ketiga keyword utama ini bukanlah untuk dimasukkan di dalam tag keyword. Pada tag keyword, Anda dapat memasukkan hingga 2000-an keyword asalkan tidak diulang-ulang. Ketiga keyword utama ini akan ditempatkan pada title tag. Ketiga keyword utama ini penting karena ketiga keyword ini yang nantinya akan mendatangkan pengunjung ke website Anda. Oleh karenanya, sebelum menggunakannya Anda harus melakukan riset dan kemudian setelah itu menentukan prioritasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *