Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
jurusan teknik informatika

Bahasa Pemrograman Populer di Jurusan Teknik Informatika

Bagi Anda yang hendak masuk ke teknik informatika maka harus mengetahui pengertian dari bahasa pemrograman. Berdasarkan materi yang didapat di jurusan teknik informatika yang ada di IDS Digital College ini, bahasa pemrograman diartikan sebagai untaian kata-kata yang berupa beragam perintah dan instruksi. Terdiri dari banyak baris yang bisa nantinya akan diolah dan dimengerti oleh komputer.

Sebagai seorang developer Anda harus bisa membangun sebuah software atau aplikasi. Untuk membuat kedua hal tersebut, Anda membutuhkan yang namanaya bahasa pemrograman agar sistem dapat berjalan dengan baik. Bahasa pemograman yang digunakan pun harus disesuaikand dengan kebutuhan aplikasi maupun software yang akan dibuat tersebut.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Ada banyak sekali jumlah bahasa pemrograman. Meskipun tidak semuanya dipakai dalam proses pembuatan software maupun aplikasi namun setidaknya Anda bisa paham tentang seluruh bahasa pemrograman yang ada. Berikut di bawah ini beberapa bahasa pemrograman yang cukup populer, diantaranya : 

1. Bahasa C

Bahasa C masuk dalam kategori bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Dennis Ritchie sekitar tahun 1970-an. Bahasa pemrograman C dikatakan sebagai bahasa yang paling populer di Indonesia. Hampir semua perguruan tinggi yang membuka jurusan akan menggunakan jenis bahasa yang satu ini sebagai tahapan dasar untuk bisa memahami jenis bahasa pemrograman lainnya. Bahasa C juga bisa dikatakan sebagai “bapak” pemrograman lainnya seperti Java dan C++.

2. C++

C++ sendiri merupakan pengembangan dari bahasa Cyang merupakan pemrograman paling dasar. Keduanya memiliki bentuk sintaks yang hampir sama. Namun, keduanya tetap memiliki perbedaan, terutama dalam mengatasi masalah akibat kesalahan input sintaks.

Bjarne Stroustrup mengembangkan bahasa pemrograman ini dengan cara yang unik, dimana saat terjadi masalah maka ia akan fokus pada objek dan akan langsung membagi permasalahan ke dalam class. Lain hal nya dengan pemrograman C yang justru membagi masalah menjadi sub-sub masalah (lebih dikenal dengan bahasa pemrograman procedural)

Pemrograman C++ saat ini tak hanya terkenal di dunia akademisi saja, namun perusahan besar seperti Adobedan Firefox juga mulai melirik C++ untuk membangun softwarenya. Tak heran memang jika C++menjadi dikenal dan bahkan perusahaan software besar seperti Winamp juga menggunakan bahasa pemrograman ini, walaupun pengembangannya dihentikan.

3. Java

Selanjutnya ada bahasa pemrograman Java yang bisa dijalankan di segala platform, baik itu komputer maupun ponsel. Mengapa bahasa pemrograman seperti Java bisa dikatakan populer? Alasannya adalah karena Java mempunyai kelebihan seperti untuk menjalankan sistem operasi meskipun berbeda-beda. Selain itu, bahasa pemrograman Java masuk ke dalam kategori sebagai  pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) yang dapat membantu para programmer untuk menyusun program. 

Bahasa pemrograman Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1991 pada The Green Project. Setelah itu bahasa pemrograman ini diserahkan  ke Oracle. Perlu Anda ketahui bahwa hampir semua aplikasi yang ada di dalam ponsel dibuat dengan menggunakan bahasa Java. Maka tidak heran bila murid jurusan teknik informatika IDS College harus mengajarkan materi Java karena memang saat ini programmer Java sangat dibutuhkan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *