Bukky Ilhami N

Di situs ini terdapat berbagai macam ilmu mengenai Informasi Bermanfaat
Apa itu SEO

Apa Itu SEO, Black Hat SEO, White Hat SEO, Dan AdWords

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Seacrh Engine Optimization, yakni serangkaian teknik yang dilakukan untuk memperbaiki ranking/urutan hasil pencarian di seacrh engine atau mesin pencari dengang mengoptimalkan keyword melalui meta tag. Ada 5 meta tag yang dapat dioptimalkan untuk mesukseskan upaya SEO yaitu : Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keywoard Tag, Img Alt Tag, dan Body Tag. Namun, yang perlu diketahui bahwa tidak semua teknik upaya SEO itu aman untuk website Anda. Search engine memiliki kemampuan untuk mendeteksi teknik-teknik nakal yang dipergunakan untuk menaikkan posisi hasil pencarian, teknik nakal tersebut disebut dengan Black Hat SEO.

Apa Itu Black Hat SEO

Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah serangkaian teknik yang dilakukan untuk mengakali sistem search engine agar sebuah website dapat menempati urutan terbaik dalam mesin pencarian. Salah satu teknik yaitu manipulasi sebuah halaman dengan membuat Page Cloaking. Page Cloaking adalah teknik memanipulasi sebuah halaman agar terlihat berbeda dimata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan atas dalam hasil pencarian. Biasanya, halaman-halaman yang mendapatkan Page Cloaking berbeda dengan halaman yang diperuntukkan bagi manusia atau pengunjung website.

Contoh dari Page Cloaking, adalah membuat banyak keyword di halaman body website. Namun, agar tidak terlihat oleh pengunjung website maka keyword-keyword tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website. Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan warna latar website. Kemudian, memasukkan banyak keyword pada bagian Img Alt Tag dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine, yang juga sudah diisi dengan banyak keyword.

Masih banyak teknik nakal lainnya yang bertujuan untuk memanipulasi search engine, akan tetapi kita tidak akan membahasnya di buku ini karena percuma. Meski, website Anda dapat memperoleh urutan teratas dalam jangka waktu tertentu, namun pada akhirnya cepat atau lambat (hanya permasalahan waktu saja) search engine akan mengetahui teknik tersebut dan sebagai konsekuensinya situs web Anda akan terkena ban dan terblokir selamanya sehingga tidak lagi dapat ditemukan lewat search engine tersebut.

Yang kita akan pelajari adalah teknik White Hat SEO. Teknik White Hat SEO jauh lebih lambat prosesnya jika dibandingkan dengan teknik Black Hat SEO. Namun, website anda dijamin tidakakan pernah diban dan terblokir dari index data base sebuah search engine. Bahkan, website Anda aka mendapat posisi teratas yang dapatmembawa bisnis online Anda naik ke level teratas. Maka, ini berarti satu hal, yaitu : KEUNTUNGAN! Nah, pada posisi ini Anda sudah menjadi Green Hat SEO karena Anda sudah memanfaatkan ilmu yang Anda kuasai untuk mencari uang.

Apa itu White Hat SEO

White Hat SEO

White Hat SEO atau yang juga dikenal dengan natural SEO adalah rangkaian teknik optimalisasi yang fokus kepada pengoptimalisasian keyword melalui meta tag, yaitu : Title Tag, Meta Description Tag, Meta Keywoard Tag, Img Alt Tag, dan Body Tag. Di samping teknik pengoptimalisasian melalui meta tag, ada teknik tambahan lainnya yaitu pembangunan backlink. Seperti pada sebutan SEO Natural, hasil dari optimalisasi yang Anda lakukan terhadap sebuah website akan membutuhkan waktu. Karena, semua berproses dengan wajar mengikuti ketentuan dari search engine, tidak ada paksaan atau manipulasi. Oleh karenanya, kesabaran diperlukan jika Anda ingin melakukan optimalisasi dengan maksinal. Kesabaran adalaha poin utama jika Anda ingin sukses mengoptimalisasi sebuah website. Poin kedua adalah ketelitian dan ketepatan dalam memilih dan menentukan keyword yang ingin
digunakan.

Apa beda AdWords dengan Upaya SEO yang Akan Dilakukan ?

AdWords dengan SEO

Adwords adalah layanan iklan berbayar sistem per klik (PPC/Pay Per Click) yang diseleggarakan oleh Google. Sumber pemasukan terbesar Google berasal dari Adwords ini. Jika Anda mencari suatu informasi dengan mengetikkan suatu keyword maka pada bagian kolom kanan hasil pencarian di Google akan terlihat sederet website yang terkait dengan keyword yang Anda cai tesebut. Sederet daftar website tersebut adalah iklan yang dipasang dengan menggunkan keyword tertentu. Nah, jika Anda meng-klik salah satu website dari daftar tersebut maka si pemasang iklan akan dikenakan biaya. Singkatnya, setiap ada yang meng-klik iklan maka pemasang iklan harus membayar. Dan, sebelum dapat memasang iklan di Adwords, pemilik website atau pengelola bisnis online harus terlenih dahlu membayar sejumlah uang sebagai dana deposit, kemudian setelah itu baru dapat memasang iklan.

Iklan akan ditampilkan di dalam hasil pencarian dan juga di dalam jaringan penerbit Iklan Adsense Google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Dan, setiap ada yang meng-klik iklan tersebut maka dana deposit si pemasang iklan akan berkurang otomatis.

Target pengunjung yang ingin dicapai melalui pemasangan iklan di Adwords sangat baik, karena ratarata mereka mencari lewat search engine Google dengan mengetikkan suatu kata kunci tertentu. Iklan Adwords akan muncul pada bagian kolom samping kanan hasil pencarian Google. Ketika ada pencari informasi mengetikkan keyword yang sama dengan keyword yang Anda bidik melalui iklan di Adwords. Maka, pengunjung yang datang ke website Anda sangat targetted (terarah sesuai dengan kata kunci yang anda bidik). Namun, Anda harus membayar setiap kunjungan, besarnya bayaran tergantung dari besar biaya yang Anda masukkan sewaktu memasang iklan biasanya mulai dari $0.02 s/d $0.09 per keyword untuk 1 kali kliknya. Makin besar nilai per klik yang diberikan oleh pemasang iklan, maka iklan Anda akan ditempatkan pada posisi palig atas. Asumsinya, iklan yang berada pada posisi paling atas akan di klik lebih dahulu dan akan mendapatkan jumlah kunjungan yang lebih banyak.

Jika website Anda belum teroptimalisasi dan mendapat urutan bagus di hasil pencarian Google. Maka, untuk mempromosikan bisnis Anda, ada baiknya Anda memasang iklan di Adword agar mendapatkan pengunjung ke website Anda sehingga kesempatan melakukan penjualan terbuka lebih lebar.

Sementara, deretan daftar website yang ada pada kolom tengah adalah hasil dari penempatan yang diseleksi ole Google. Jika website anda berhasil menempati urutan bagus maka upaya SEO Anda sudah berhasil dan website Anda akan tetap mendapat kunjungan tanpa harus membayar ke Google. Nah, disini bedanya. Upaya kita membangun SEO adalah untuk menempatkan website kita pada urutan 1-20 hasil pencarian. Sehingga, kita dapat berpromosi dengan menggunakan Google secara gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *